Kamis, 04 April 2013

PROSEDUR PENULISAN MAKALAH ILMIAH



1.      PENDAHULUAN
Bagian latar belakang memuat masalah, identifikasi masalah, pembatasan masalah, perumusan masalah, tujuan penulisan, manfaat, dan batasan istilah.
a.       Latar Belakang Masalah
Latar belakang masalah berupa uraian yang disusun dalam alur pikir yang logis tentang adanya kesenjangan antara kondisi yang ada dan yang diharapakan serta rasional pentingnya diadakan penelitian. Adanya kesenjangan itu dapat diperoleh dari fakta yang ada dalam kehidupan sebagai pengalaman diri sendiri atau orang lain.
b.      Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan dapat diindetifikasikan berbagai masalah yang dapat dicari pemecahannya lewat penelitian. Dengan demikian akan diperoleh sejumlah masalah yang relevan.
c.       Pembatasan Masalah
Karena alasan tertentu (misalnya keterbatasan dana, waktu dan tenaga) semua permasalahan yang sudah diidentifikasi tidak dapat diteliti. Oleh karena itu, perlu dipilih masalah yang paling urgen untuk diteliti dan dibahas, sedangkan permasalahan yang lain ditunda penanganannya.
d.      Rumusan Masalah
Setelah dikemukakan pembatasan, permasalahan penelitian dapat dirumuskan dengan ketentuan berikut.
1.      Dirumuskan dengan tepat agar memungkinkan kita untuk memilih fakta-fakta yang diperlukan dalam penyelesaiannya.
2.      Dapat dijawab dengan jelas agar jawaban yang ditemukan bersifat terbatas.
3.      Setiap jawaban terhadap permasalahan harus dapat diuji oleh orang lain dengan hasil yang sama.
4.      Secara objektif  pengumpulan data dapat dilakukan.
5.      Dapat dijawab melalui penelaahan keilmuan yang didasarkan pada data yang secara riil.
6.      Mengadung unsur pengakuan dan definisi variabel yang terdapat dalam masalah tersebut.

e.       Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian harus mengacu pada rumusan masalah. Tujuan penelitian merupakan kalimat pernyataan dari rumusan masalah.
f.       Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian dapat dilihat dari dua sudut pandang, yaitu dari sudut pandang praktis dan teoritis. Manfaat teoritis berkenaan dengan pengembangan yang berkaitan, sedangakan manfaat praktis berkenaan dengan sasaran penelitian itu sendiri (misalnya, bagi guru, siswa, sekolah, pengambil kebijakan dan sebagainya).
g.      Batasan Istilah
Dalam hal ini sering dikemukakkan apa yang disebut batasan operasional. Batasan Batasan istilah ialah definisi yang berkenaan dengan judul dan atau permasalahan penelitian. Batasan istilah harus dirumuskan berdasarkan kamus istilah dan bukan kamus umum operasional adalaah pengertian adalah peristilahan yang dirumuskan oleh peneliti sehubungan dengan penanganan penelitian yang akan dilakukan. Hal ini perlu dilakukan agar antara peneliti dan pembaca (atau orang yang berkepentingan dengan hasil penelitian) tidak terjadi salah pengertian.

2.      KERANGKA TEORI
Bagian ini berisi tentang deskripsi teori, kajian penelitian yang relevan,kerangka berpikir dan pengajuan hipotesis. Berikut ini dikemukakan serba singkat mengenai hal tersebut.

a.       Deskripsi Teori
             Bagian ini mengetengahkan sajian teori yang relevan atau dibutuhkan sehubungan dengan                 permasalah yang diteliti.
b.      Kajian Hasil Penelitian yang Releven
            Bagian ini mengetengahkan kajian hasil penelitian yang perneh dilakukuakan
            oleh orang lain (diri sendiri) yang relevan dengan masalah yang tengah diteliti.
c.       Kerangka Berpikir
Kerangka berpikir adalah hasil analisis peneliti terhadap hubungan antar variable yang
diteliti.

d.      Pengajuan Hipotesis
Hipotesis adalah jawaban sementara atau dugaan jawaban atas pertanyaan atau rumusan masalah yang diajukan.

3.      METODE
Pada bagian ini dikemukakan cara penelitian yang dilakukuan, meliputi penentuan: (a) variable penelitian; (b) populasi dan sempel; (c) instrument penelitian; (d) teknik pengumpulan data dan; (d) teknik analisi data.
a.       Penentuan variabel
Dalam menentukan variabel kita harus membedakan antara veriabel bebas dan variabel terikat. Veriabel bebas bisanya merupan variabel sebab dan variabel terikat biasanya merupakan variabel akibat.
b.      Populasi dan Sampel
Populasi adalah semua objek, situasi, peristiwa atau individu yang dikenai sasaran generalisasi. Sampel adalah sebagian objek, situasi, peristiwa atau individu yang diselidiki atau dijadikan sasran penelitian. Dalam penentuan populasi perlu disebutkan besarnya populasi serta cakupan wilayah penelitian. Dalam penentuan sampel, diketengahkan besar sampel, teknik sampling dan prosedur pengambillan sampel.

c.       Metode Pengumpulan Data
Pada bagian ini diketengahkan metode pengumpulan data yang digunakan, misalnya wawancara, pengamatan, kuesioner, atau dokumentasi.
d.      Instrument Penelitian
Alat yang digunakan untuk menjaring data. Instumen penelitian dapat berupa tes atau   nontes, misalnya angket. Instrument penelitian disusun berdasarkan kisi-kisi yang telah ditentukan.
e.       Teknik analisis data
Bagian ini berisi teknik analisis data yang digunakan. Analisis data yang digunakan dapat  secara inferensial dan noninferensial atau deskriptif.

4.      Hasil Penelitian dan Pembahasan
Bagian ini berisi dua hal, yaitu presentasi hasil penelitian ( termasuk pengujian hipotesis ) dan pembahasan hasil penelitian.
a.       Presentasi Hasil Penelitian
Hasil penelitian dapat dipresentasikan dalam bentuk tabel, grafik, atau bentuk lain (diskripsi).
b.      Pembahasan Hasil Penelitian
Pembahasan hasil penelitian berupa sajian tentang penjelasan dan penafsiran (interpretasi) hasil penelitian . sajian pembahasan dapat dihubungkan dengan teori yang diketengahkan pada bagian kerangka teori.

5.      PENUTUP
Bagian ini berisi simpulan, diskusi, implikasi, dan saran.
a.       Kesimpulan
Kesimpulan merupakan jawaban atas pertanyaan yang dikemukakan dalam perumusan masalah dan merupakan temuan yang dicari dalam tujuan penelitian. Oleh karena itu, kesimpulan ini harus selaras dengan perumusan masalah dan tujuan penelitian.
b.      Diskusi
Bagian ini dikemukakan hanya bila hipotesis ditolak atau temuan penelitian ternyata diluar dugaan. Jika demikian, pada bagian ini perlu dikemukakan penjelasan mengapa hal ini bisa terjadi.
c.       Implikasi
Implikasi adalah apa yang termasuk atau tersimpul dari temuan penelitian.
d.      Saran
Saran adalah rekomendasi peneliti atau penulis kepada orang atau pihak lain yang terkait yang didasarkan atas temuan penelitian.
Pada akhir laporan penelitian dikemukakan pada daftar pustaka dan bebrapa lampiran yang diperlukan.